Kamis, 06 Desember 2012

ILMU BUDAYA DASAR (6)

budaya dan lingkungan

Para Manajer menyadari betapa pentingnya budaya organisasi bagi perusahaan.  Budaya organisasi yang baik akan membuat para karyawan nyaman dan senang berada di tengah – tengah rekannya. Terdapat dua paham yang ada untuk mengetahui peran manajer dalam sukses dan tidaknya perusahaan yang mereka pimpin.
Budaya Organisasi
Budaya organisasi ( organization culture ) telah diketengahkan sebagai nilai – nilai, prinsip, tradisi, dan cara – cara bekerja yang dianut bersama oleh para anggota organisasi dan mempengaruhi cara mereka bertindak. Dalam kebanyakan organisasi, nilai – nilai dan praktik -  praktik yang dianut bersama (shared) ini telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman dan benar – benar sangat mempengaruhi bagaimana sebuah organisasi dijalankan.
Budaya Mempengaruhi Para Manajer
Keputusan manajer sangat dipengaruhi oleh budaya organisasi di mana ia bekerja. Budaya sebuah organisasi, terutama budaya yang kuat akan memberikan pengaruh dan batasan – batasan pada para manajer menjalankan fungsi perencanaan, penataan, kepemimpinan, dan pengendalian.
Lingkungan Mempengaruhi Para Manajer
Sangatlah penting bagi seorang manajer untuk memahami apa yang menjadi komponen lingkungan organisasi. Namun, memahami bagaiman lingkungan mempengaruhi mereka dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen juga tak kalah pentingnya. Ada dua cara lingkungan mempengaruhi manajer, yaitu :
  1. Memperhitungkan ketidakpastian yang di kandung oleh lingkungan
  2. Mengelola hubungan dengan para pemangku kepentingan (stakeholders)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar