Selasa, 03 Juni 2014

TUGAS III



Ketahanan Nasional

1.     Pengertian ketahanan nasional

Negara Indonesia berdiri kerena perjuangan bangsa Indonesia. Indonesia merupakan negara agraris, negara yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu, Indonesia merupakan negara yang di incar banyak negara atau bangsa lain. Contohnya bangsa Belanda yang pernah menjajah Indonesia, bangsa Belanda menginginkan Indonesia karena Indonesia mempunya banyak rempah- rempah. Tidak hanya negara Belanda tetapi, negara Jepang, Spanyol, Portugis, serta Inggris pun pernah menjajah Indonesia.
            Indonesia harus mempunyai tekad yang kuat untuk menggalang kesatuan dan keutuhan suatu bangsa. Karena itu merupakan cara yang paling penting agar negara Indonesia tetap utuh dan tetap berdiri kokoh walau dihadang berbagai ancaman dari luar negeri. Kekuatan bangsa dalam menjaga keutuhan negara Indonesia tentu saja harus didasari oleh segenap landasan baik landasan ideal, konstitusional, dan juga wawasan visional. Dan bangsa Indonesia harus siap siaga dalam menghadapi ancaman- ancaman.
            Apa sih ketahanan nasional?Menurut Wikipedia, Ketahanan nasional atau ketahanan negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan negara.
Menurut saya sendiri ketahanan nasional adalah segala cara untuk mempertahankan negaranya agar tetap kokoh, dan dapat bertahan dalam menghadapi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik dari luar maupun dari dalam, serta secara langsung maupun tidak langsung yang dapat membahayakan intgritas, identitas, tujuan bangsa, serta kelangsungan hidup bangsa dan negara. Ketahanan nasional juga dapat diartikan sebagai kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses. Oleh karena itu diperlukan konsepsi ketahanan nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsanya.


2.     Unsur-unsur ketahanan nasional
Unsur-unsur yang terdapat dalam Ketahanan Nasional yaitu :

1.      Tantangan
2.      Hambatan
3.      Gangguan
4.      Identitas
5.      Ketangguhan
6.      Intensitas

     3. faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan nasional
          Faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan naional ada 2 yaitu :

             1.    Faktor alamiah adalah :
            a. Posisi dan lokasi geografi negara
            b. Keadaan dan kekayaan alam
            c. Keadaan dan kemampuan penduduk

             2.    Faktor sosial/kemasyarakatan adalah :
a. Ideologi
b. Politik
c. Sosial
d. Budaya
e. Pertahanan dan Keamanan

Faktor alamiah bersifat statis dan sering disebut dengan istilah Trigatra, sedangkan aspek sosial/kemasyarakatan bersifat dinamis disebut juga dengan istilah Pancagatra.  Kedua faktor itu biasanya disebut dengan Astagatra. Faktor-faktor di atas mempunyai hubungan timbal balik antargatra yang sangat erat yang disebut dengan istilah keterhubungan (korelasi) dan ketergantungan (interdependensi).

 4.Hakekat ketahanan nasional
Hakekat ketahanan nasional indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai yujuan nasional.

Hakekat konsepsi ketahanan nasional indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang, serasi dan selaras dampak aspek hidup dan kehidupan nasional.

5. Asas-asas Ketahanan Nasional
Asas-asas ketahanan nasional indonesia adalah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berlandaskan pancasila, UUD 1945 dan Wawasan Nasional yang terdiri dari:


1.      Asas Kesejahteraan dan Keamanan
Kesejahteraan dan keamanan dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan dan merupakan kebutuhan manusia yang mendasar dan esensial, baik sebagai perorangan maupun kelompok dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2.      Asas Komprehensif integral atau menyeluruh terpadu
Ketahanan nasioal mencakup ketahunan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh dan terpadu.

3.      Asas mawas ke dalam dan mawas ke luar
Sistem kehidupan nasional merupakan perpanduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi. Mawas ke dalam bertujuan membuhkan hakikat, sifat kondisi kehidupan nasional itu sendiri. Mawas ke luar bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan ikut berperan serta menghadapi dan mengatasi dampak lingkungan strategi luar negri.

4.      Asas kekeluargaan
Mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, kesaaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  6.Sifat-sifat ketahanan nasional

1. Mandiri

Ketahanan Nasional percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri serta pada keuletan dan ketangguhan, yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah, dengan tumpuan pada identitas, integritas dan kepribadian bangsa. Kemandirian (idenpendency) ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam perkembangan global (interdependent).

2. Dinamis

Ketahanan Nasional tidaklah tetap. Ia dapat meningkat atau menurun, tergantung pada situasi dan kondisi bangsa, Negara serta lingkungan strategisnya. Hal ini sesuai dengan hakikat bahwa segala sesuatu di dunia ini senantiasa berubah dan perubahan itu senantiasa berubah pula. Karena itu, upaya peningkatan Ketahanan Nasional harus senantiasa diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya diarahkan untuk pencapaian kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.

3. Wibawa

Keberhasioan pembinaan Ketahanan Nasional Indonesia secara lanjut dan berkesinambungan akan meningkatkan kemampuan dan keseimbangan akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan bangsa. Makin tinggi tingkat Ketahanan Nasional Indonesia makin tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia.

4. Konsultasi dan Kerjasama

Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan atagonistis, tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuata fisik semata, tetapi lebih mengutamakan sikap konsultatif, kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan kekuatan, moral dan kepribadian bangsa.



Sumber:
http://indahhaamelia.blogspot.com/2013/04/pengertian-ketahanan-nasional.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar