Kamis, 02 April 2015

TUGAS 2 Bahasa Indonesia

PROMOSI PENJUALAN

            Promosi merupakan salah satu variabel komponen yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix). Promosi merupakan faktor yang sangat penting menginformasikan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Promosi merupakan salah suatu kegiatan yang mendorong untuk menciptakan permintaan dari konsumen. Promosi yang baik akan meningkatkan permintaan produk yang dibuat oleh produsen atau perusahaan.
            Promosi yang dilakukan dapat melalui media iklan, promosi penjualan pribadi bisa melalui dari mulut ke mulut (word of mouth), dan dapat dilakukan melalui media cetak maupun elektronik, personal selling yang dilakukan oleh sales perusahaan dan alat promosi lainnya. Dengan dilakukannya promosi menciptakan konsumen yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli suatu produk atau jasa kemudian menjadi tertarik atau mencoba membeli sehingga konsumen melakukan pembelian karena melalui alat promosi yang komunikatif dan informatif.
            Didalam promosi terdapat masalah yang sangat penting yaitu bagaimana cara berkomunikasi yang komunikatif dan informatif kepada konsumen agar konsumen tertarik kepada produk yang ditawarkan akan tetapi menyangkut biaya besar yang dilakukan perusahaan dalam promosi harus sesuai dengan kondisi dan kemampuan perusahaan tersebut. Tujuan promosi yaitu untuk meningkatkan permintaan penjualan barang dan jasa dan meningkatkan laba atau keuntungan.
            Promosi penjualan merupakan suatu bentuk promosi terhadap produk yang ditawarkan atau dipasarkan oleh produsen kepada konsumen dengan cara komunikasi dalam berbagai bentuk. Salah satu cara promosi penjualan yaitu dengan mengadakan event sendiri bertujuan untuk mengingkatkan volume produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan promosi akan lebih efektif.
            Promosi penjualan harus melakukan kreasi terhadap produk sendiri yaitu dengan memberikan informasi yang bermanfaat atas keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen secara detail, dan didalam promosi disarankan perusahaan harus memiliki sikap jujur kepada pembeli atau konsumen.

DAFTAR PUSTAKA
http://azizristouvani.blogspot.com/2013/11/pengertian-promosi-penjualan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar