Sabtu, 10 November 2012

ILMU BUDAYA DASAR (3)


tentang isu-isu manajemen
  1. Membuat keputusan sering diasumsikan sebagai kegiatan inti manajemen karena keputusan-keputusan yang mungkin diambil manager mencakup fungsi-fungsi manajerial. Seorang manajer sebagai pengelola perusahaan pasti mengetahui posisi perusahaan secara mendalam dan mampu memimpin sehingga mampu untuk menjadi pembuat keputusan.
  2. Keputusan manager sangat dipengaruhi oleh budaya organisasi dimana ia bekerja karena budaya organisasi (terutama budaya yang kuat) akan memberikan batasan-batasan pada para manager untuk menjalankan fungsi-fungsi manajerial (perencanaan, penataan, kepemimpinan, pengendalian). Para manager pasti terbiasa dengan suasana kerja dengan budaya organisasi yang ada. Karena budaya setiap organisasi berbeda, maka keputusan-keputusan yang diambil oleh setiap perusahaan juga mungkin berbeda.
  3. Keburukan bias
-          Pengambilan keputusan cenderung subjektif
-          Terkadang mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan keadaan pada saat itu.
Bias cenderung mempunyai pengaruh negatif, karenanya manager menghindari pengaruh negatif dari bias keputusan tersebut dengan cara menyadarinya dan kemudian tidak menggunakannya. Implikasinya, bias tertentu dari pembuatan keputusan dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan sehingga keputusan yang diambil menjadi kurang tepat untuk direalisasikan.
  1. Menurut saya, saya adalah pemikir non-linier karena saya terbiasa memproses informasi dengan pencerahan, perasaan dan pendapat internal.
  2. Setuju, karena dengan computer dan perangkat lunak dapat membantu agar semua informasi menjadi masuk akal sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik, serta dapat membantu para manajer menganalisis data.
  3. Dengan 6 karakteristik proses pembuatan keputusan yang efektif, yaitu :
    1. Berfokus pada yang penting
    2. Logis dan Konsisten
    3. Mengakui pemikiran subjektif dan objektif serta campuran analitis dan intuitif
    4. Hanya membutuhkan informasi yang cukup untuk memecahkan masalah
    5. Mendorong dan memandu pengumpulan informasi yang relevan
    6. Jelas, dapat diandalkan, mudah digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar