budaya
dan lingkungan
Para Manajer
menyadari betapa pentingnya budaya organisasi bagi perusahaan. Budaya
organisasi yang baik akan membuat para karyawan nyaman dan senang berada di
tengah – tengah rekannya. Terdapat dua paham yang ada untuk mengetahui peran
manajer dalam sukses dan tidaknya perusahaan yang mereka pimpin.
Budaya Organisasi
Budaya organisasi ( organization culture ) telah
diketengahkan sebagai nilai – nilai, prinsip, tradisi, dan cara – cara bekerja
yang dianut bersama oleh para anggota organisasi dan mempengaruhi cara mereka
bertindak. Dalam kebanyakan organisasi, nilai – nilai dan praktik -
praktik yang dianut bersama (shared)
ini telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman dan benar – benar
sangat mempengaruhi bagaimana sebuah organisasi dijalankan.
Budaya Mempengaruhi Para
Manajer
Keputusan manajer
sangat dipengaruhi oleh budaya organisasi di mana ia bekerja. Budaya sebuah
organisasi, terutama budaya yang kuat akan memberikan pengaruh dan batasan –
batasan pada para manajer menjalankan fungsi perencanaan, penataan,
kepemimpinan, dan pengendalian.
Lingkungan Mempengaruhi Para
Manajer
Sangatlah penting bagi seorang manajer untuk memahami
apa yang menjadi komponen lingkungan organisasi. Namun, memahami bagaiman
lingkungan mempengaruhi mereka dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen juga
tak kalah pentingnya. Ada dua cara lingkungan mempengaruhi manajer, yaitu :
- Memperhitungkan ketidakpastian yang di kandung oleh lingkungan
- Mengelola hubungan dengan para pemangku kepentingan (stakeholders)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar