Sabtu, 09 Mei 2015

TUGAS 3 BAHASA INDONESIA 2

Nama               : Nurul Khasanah
Npm                : 15212541
Kelas               : 3EA08
Tugas               : Bahasa Indonesia 2
                             

1.    Dalam proses penulisan karya ilmiah ada dua jenis kalimat, yaitu kalimat dan kalimat.
Jelaskan dua istilah tersebut dan beri contoh masing-masing 10 kalimat.
Jawab:
  •           Kalimat merupakan unsur-unsur yang berupa kata, fakta, pikiran.
Contoh:
-                 Ibu sedang memasak di dapur.
-                 Andi sedang mengerjakan PR.
-                 Ayah sedang memotong rumput.
-                 Idhan bermain bulu tangkis bersama teman-temannya.
-                 Kakak membantu ibu memasak di dapur.
-                 Ibu dan kakak berkunjung kerumah para saudara.
-                 Lala membersihkan kamarnya.
-                 Pagi ini ayah mengantar andi sekolah.
-                 Ibu menyiapkan sarapan.
-                 Kami datang agak terlambat sehingga kami tidak mengikuti pembukaan acara.
  • ·         Kalimat Efektif adalah kalimat yang tersusun secara baik, benar dan jelas.
Contoh:
-          Diprediksi kaum remaja saat ini minat untuk membaca sangat turun.
-          Hasil UAS mahasiswa dibatalkan jika ketahuan mencontek.
-          Kelompok 3 berpresentasi dan tim juri menilainya.
-          Dosen mengatakan bahwa komponen nilai UAS 30%
-          Untuk menghemat waktu kami teruskan acara ini.
-          Harga sembako dibekukan atau dinaikan secara luwes.
-          Kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan.
-          Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan.
-          Gendis pergi kesekolah, kemudian kerumah temannya untuk belajar.
-          Kami saling menyayangi.

2. Penalaran (reasoning) adalah proses mental dalam mengembangkan pikiran logis (nalar) dari beberapa fakta atau prinsip (KBBI,2005:772). Jelaskan pendapat tersebut.
        Jawab:
Menurut saya, Penalaran disebut suatu proses berpikir yang logis dan berusaha menghubung-hubungkan fakta dalam menarik suatu kesimpulan. pengamatan yang sejenis juga akan membuat pikiran-pikiran yang sejanis, penalaran alur berpikir dapat ditonjolkan agar kalimatakam dipertanggungjawabkan dan menyimpulkan sebuah pemikiran baru yang sebelumnya tidak diketahui.

3           3. Berdasarkan soal no 2. Cari soal logika bahasa dan pembahasannya (sinonim, antonim, analogi, dan silogisme) dari buku teks (bukan hasil browsing di internet).  Masing-masing 10 soal.
Jawab:
  • Antonim:
1.      Tesis >< ...
a.       sintesis
b.      hipotesis
c.       sintaksis
d.      epitesis
e.       antitesis
Jawab: E
Tesis adalah pernyataan atau teori untuk dikemukakan yang didukung oleh argumen-argumen. Lawan katanya adalah antitesis.
2.      Naas ><...
a.       untung
b.      lokasi
c.       celaka
d.      rugi
e.       baik
Jawab: A
Naas = sial, lawan katanya adalah untung.
3.      Kasar ><....
a.       halus
b.      rata
c.       lembut
d.      gradasi
e.       kasap
Jawab: A
Kasar = (1) tidak rata, tidak halus; dsb. lawan katanya adalah halus
4.      Reaksi ><...
a.       penarikan
b.      penggabungan
c.       daya tarik
d.      daya tolak
e.       skema
Jawab: D
Reaksi = (1) daya tarik; (2) tenaga listrik. Lawan katanya adalah menolak.
5.      Gentar ><...
a.       ragu
b.      takut
c.       berani
d.      tantang
e.       malu
Jawab: C
Lawan katanya adalah berani.
6.      Capek ><...
a.       penat
b.      letih
c.       lelah
d.      lemas
e.       segar
Jawab: D
Capek = letih. Lawan katanya = segar.
7.      Hirau ><...
a.       lalai
b.      acuh
c.       ingat
d.      lupa
e.       kolase
Jawab : B
Lawan kata dari menghiraukan adalah memedulikan; mengacuhkan; mengindahkan; memperhatikan; ia tidak...nasihat orang tuanya.
8.      Gugur ><...
a.       jatuh
b.      rontoh
c.       tumbuh
d.      tunas
e.       salju
Jawab: C
Gugur = jatuh sebelum masak (matang); berjatuhan sebelum waktunya lahir sebelum masanya (bayi); runtuh; mati dalam pertempurannya. Lawan katanya adalah tumbuh.
9.      Timpang ><...
a.       benar
b.      sama
c.       sempurna
d.      seimbang
e.       pincang
Jawab: D
Timpang = (1) pincang yang tetap (karna salah satu kakinya tidak sama panjang). Lawan katanya adalah seimbang.
10.  Preman ><...
a.       dinas
b.      pegawzi
c.       mefia
d.      sendiri
e.       partikelir
Jawab: A
Preman = partikel, bukan tentara, tidak sedang berdinas; kepunyaan sendiri, misalnya mobil preman.
  • Analogi:
1.      Pakaian berhubungan dengan.., sebagaimana ... berhubungan dengan botak.
a.       adat – rambut
b.      pegawai – penyukur
c.       tubuh- kepala
d.      jahit – cukur
e.       mode – wig/rambut
Jawab: E
Jenis padanan hubungan : “Fungsi” Pakaian digunakan untuk Mode dan Wig/Rambut Palsu digunakan untuk kepala botak.
2.      Marah berhubungan dengan... sebagaimana... berhubungan dengan ledakan.
a.       kerusakan – bom
b.      amuk – letupan
c.       emosi – peledak
d.      tidak puas – teror
e.       hawa nafsu – tekanan
Jawab: B
Jenis padanan hubungan: “ukuran” marah yang besar disebut amuk dan letusan yang besar disebut ledakan.
3.      Orang bodoh : ilmu=
a.       orang miskin : derma
b.      orang mengemis : lapar
c.       orang  menganggur : kerja
d.      orang bekerja : gaji
e.       orang kaya : harta
Jawab: C
orang bodoh itu karna tidak mendapatkan ilmu dan orang menganggur karna tidak mendapatkan kerja.
4.      kehalusan : air =
a.       kehausan : air
b.      kebodohan : miskin
c.       kegembiraan : hiburan
d.      kelelahan : kerja
e.       kelaparan : pangan
Jawab: E
kehausan terjadi jika kekurangan air dan kelaparan terjadi jika kekurangan pangan.
5.      Kurus : Gizi =
a.       gemuk : lemak
b.      sakit : dokter
c.       pendek : besar
d.      pintar : belajar
e.       bodoh : ilmu
Jawab: E
kurus itu karna kekurangan gizi dan bodoh itu karna kekurangan ilmu.
6.      Bulu hidung : udara =
a.       hitam
b.      keringat
c.       mata
d.      kotor
e.       debu
Jawab: B
Bulu hidung untuk menyaring udara dihidung dan alis untuk melindungu mata dan keringat
7.      jam tangan : waktu =
a.       titik beku
b.      air raksa
c.       skala ukur
d.      panas
e.       titik didih
Jawab: D
Jam tangan merpakan alat pengukur waktu dan termometer merupakan alat pengukur panas.
8.      Garis lurus : Kubus = Garis Lengkung :
a.       lingkaran
b.      bola
c.       elips
d.      balok
e.       oval
Jawab: B
unsur dari kubus adalah garis lurus dan unsur dari bola adalah garis lengkung.
9.      Mengantuk : Tidur =
a.       Jatuh : sakit
b.      Obat : sehat
c.       Resep : obat
d.      Minum : limun
e.       Makan : gizi
Jawab: A
kata mengantuk dan tidur apa hubungan antara kedua kata tersebut? hubungannya adalah “jika orang mengantuk biasanya tidur. Dalam hal ini: sakit, mengapa? karna orang yang jatuh biasanya sakit.
10.  Gergaji : Kayu =
a.       sendok : makan
b.      sepatu : kaki
c.       gunting : kertas
d.      pensil : penghapus
e.       baju : badan
Jawab: C
Karna gunting digunakan untuk memotong kertas.
  •   Silogisme:
1.      Semua televisi dapat digunakan sebagai monitor. sebagai televisi dilengkapi dengan slot HDMI.
a.       Sebagai televisi dilengkapi dengan slot HDMI tetapi tidak dapat digunakan sebagai monitor.
b.      Semua televisi dilengkapi dengan  slot HDMI tetapi tidak dapat digunakan sebagai monitor.
c.       Semua televisi dilengkapi dengan slot HDMI dan tidak dapat digunakan sebagai monitor.
d.      Sebagai tidak dilengkapi dengan slot HDMI.
e.       Sebagai televisi tidak dilengkapi dengan slot HDMI tetapi dapat digunakan sebagai monitor.
Jawab: E
2.      Semau pekerja harus menggunakan topi pengaman. Sebagai pekerja menggunakan sarung tangan.
a.       sebagai pekerja tidak menggunakan topi pengaman dan sarung tangan.
b.      sebagai pekerja tidak menggunakan sarung tangan tetapi menggunakan topi pengaman.
c.       sebagai pekerja tidak menggunakan sarung tangan.
d.      semua pekerja tidak menggunakan sarung tangan.
e.       sebagai pekerja tidak menggunakan topi pengaman dan sarung pengaman.
Jawab: B
3.      jika terjadi gempa dan tsunami di suatu daerah, maka penduduk mengungsi. jika penduduk mengungsu, maka relawan akan bekerja, jika relawan bekerja maka bantuan akan berdatangan. ternyata bantuan tidak berdatangan.
a.       Relawan tetap bekerja meskipun tidak terjadi gampa atau tsunami.
b.      Tidak terjadi gempa atau tsunami.
c.       Penduduk mengungsi karna terjadi gempa.
d.      Tidak terjadi tsunami, meskipun terjadi gempa.
e.       Tidak terjadi gempa, meskipun terjadi tsunami.
Jawab: B
4.       Disebuah klinik, pasien selalu diberikan nomor antrian dan diukur tekanan darahnya. Jika diukur tekanan darahnya maka selalu ditimbang.
a.       Jika tidak ditimbang maka diberi nomor antrian.
b.      Jika tidak ditimbang maka tidak diberi nomor antrian.
c.       Jika tidak diberi nomor antrian, maka pasti ditimbang.
d.      Jika diukur tekanan darahnya maka tidak diberi nomor antrian.
e.       Jika ditimbang maka nomor antrian pasti tidak diberikan.
Jawab: B
5.      Semua penduduk di pesisir pantai bekerja sebagai nelayan. Pak Rasyid berasal dari pesisir pantai dan senang berjualan.
a.       Pnduduk di pesisir pantai yang seperti Pak Rasyid cukup banyak.
b.      Pak Rasyid adalah penduduk di pesisir pantai yang tidak bekerja sebagai nelayan.
c.       Pak Rasyud senang berjualan tetapi tetap bekerja sebagai nelayan.
d.      Walaupun di pesisir pantai Pak Rasyid bekerja sebagai penjual.
e.       Semua orang menjadi nelayan adalah penduduk pesisir pantai.
Jawab: C
6.      Seluruh donor darah harus berbadan sehat. Sebagai donor darah memiliki golongan darah B.
a.       Yang boleh mendonor darah adalah orang yang memiliki golongan darah B.
b.      Sebagai orang yang bergolong darah B dan menjadi donor darah berbadan sakit.
c.       Semua donor harus memiliki golongan darah B dan berbadan sehat.
d.      Semua donor darah yang memiliki golongan darah B harus berbadan sehat.
e.       Yang berbadan sehat adalah yang memiliki golongan darah B dan menjadi donor darah.
Jawab: B
7.      Tidak ada buku yang dijual di toko X dengan pengarang yang sama. Dono dan Indro sama-sama membeli buku Matematika dan kelas yang sama.
a.       Mungkin buku Matematika yang dibeli Dono dan Indro pengarangnya berbeda.
b.      Semua buku di toko X adalah buku Matematika.
c.       Buku Matematika yang di beli Dono dan Indro pengarangnya sama.
d.      Buku Matematika yang di beli Dono dan Indro pengarangnya berbeda.
e.       Mungkin buku Matematika yang dibeli Dono dan Indro pengarangnya sama.
Jawab:D
8.      Semua orang Indonesia yang telah berumur 17 tahun atau lebih memiliki KTP. Semua siswa di Indonesia baik yang belum maupun telah berumur 17 tahun, memiliki Nomor Induk Siswa (NIS).
a.       Semua siswa memiliki KTP.
b.      Semua orang Indonesia tidak memiliki NIS.
c.       Semua orang Indonesia yang berstatus siswa memiliki NIS.
d.      Semua orang memiliki KTP dan memiliki NIS.
e.       Semua siswa yang memiliki NIS memiliki KTP.
Jawab: C
9.      Tidak seorangpun dapat membuka usaha tanpa memiliki izin. Sebagian mahasiswa membuka usaha.
a.       Sebagian mahasiswa yang tidak memiliki izin membuka usaha.
b.      Tidak ada mahasiswa yang tidak memiliki izin membuka usaha.
c.       Sebagian mahasiswa yang pengusaha tidak memiliki izin.
d.      Sebagian mahasiswa adalah pengusaha yang tidak memiliki izin.
e.       Sebagian mahasiswa memiliki izin.
Jawab: E
10.  Semua mobil di perusahaan diikutkan program asuransi kecelakaan. Sebagian mobil di perusahaan diikutkan program asuransi kehilangan.
a.       Sebagian mobil di perusahaan yang tidak diikutkan program asuransi kecelakaan diikytkan asuransi kehilangan.
b.      Sebagian mobi fi perusahaan tidak diikutkan program asuransi kecelakaan dan asuransi kehilangan.
c.       Semua mobil di perusahaan yang diikutkan asuransi kehilangan diikutkan program asuransi kecelakaan.
d.      Sebagian mobil di perusahaan yang tidak diikutkan program asuransi kecelakaan tidak diikutkan asuransi kehilangan.
e.       Sebagian mobil diperusahaan yang diikutkan asuransi kehilangan tidak diikutkan program asuransi kecelakaan.
Jawab: C
  •   Sinonim:
1.      ADIKTIF =...
a.       Bersifat kecanduan
b.      Beracun
c.       Merusak ingatan
d.      Mengandung bahan kimia
e.       Berbahaya
Jawab: A
Adiktif = suatu yang dapat mempengaruhi ketergantungan pemakainya (bersifat kecanduan/ketagihan).
2.      PADUSI =...
a.       Pasangan
b.      Pria
c.       Perempuan
d.      Surga
e.       Suami
Jawab: C
Padusi= perempuan = istri
3.      FAKULTATIF=...
a.       Masih diperdebatkan
b.      Tidak diwajibkan
c.       Tidak dianjurkan
d.      Masih dipertimbangkan
e.       Melambangkan
Jawab: B
Fakultatif= (1) tidak diwajibkan (tentang pelajaran, hari libur,dsb); (2) bersifat pilihan , boleh memilih salah satu bidang ilmu yang sesuai dengan bakat atau disukai (tentang jurusan bidang ilmu)
4.      KULMINASI =...
a.       Proses penyatuan
b.      Penghitungan dini
c.       Puncak tertinggi
d.      Percepatan gerakan
e.       Kecepatan maksimum
Jawab: C
Kulminasi =(1) puncak tertinggi; tingkatan tertinggi; (2) titik tertinggi yang dicapai suatu benda dilangit dalam perdaran (semuanya)mengelilingi bumi (seperti matahari mencapai titik kulminasi pukul 12.00)
5.      MARITIM =...
a.       berkenaan dengan gelombang
b.      berkenaan dengan perdagangan
c.       berkenaan dengan alam
d.      berkenaan dengan laut
e.       berkenaan dengan penyelamatan bumi
Jawab: D
Maritim= berkenaan dengan laut;berhubungan dengan pelayaran dan;perdagangan di laut.
6.      HAFIAH=...
a.       terjemahan bebas
b.      kalimat
c.       kata demi kata
d.      tersirat
e.       sesuai aturan
Jawab: C
Harfiah= (1) (terjemahan atau arti )menurut hufur, kata demi kata;(2) berdasarkan arti leksikal.
7.      PEDAR=...
a.       pisah
b.      encer
c.       getir
d.      tajam
e.       pedih
Jawab: C
Pedar=(1) getir;(2) tengik (tentang rasa dan bau): minyak kelapa itu sudah :(3) kiasan kesal hati
8.      MELENG=...
a.       belok
b.      ceroboh
c.       langkah
d.      hati-hati
e.       roboh
Jawab: C
Meleng = lengah; lalai; tidak hati-hati
9.      REDUP =...
a.       terang
b.      temaram
c.       gelap
d.      mendung
e.       padam
Jawab: B
Redup = tidak termag; kurang terang atau hampir padam.
10.  LUNAS =...
a.       dasar
b.      utang
c.       gratis
d.      pinjam
e.       bonus
Jawab: A
Lunas =  selesai (tentang hutang); impas; terbayar.

 
4 4.  Cari artikel koran yang membahas tentang perekonomian Indonesia, tentukan kata sulit dalam artikel tersebut dan cari definisinya dalam kamus.
Jawab:
Jaga Defisit Anggaran, Pemerintah Pilih Pinjaman Bilateral atau Multilateral
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengatakan akan terus menjaga defisit anggaran di kisaran 2,2 persen dari PDB pada 2015. Namun, pemerintah enggan melakukan pemotongan anggaran pada awal tahun ini.
Bagaimana cara pemerintah menutup defisit? Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro membocorkan strategi pemerintah itu. Kemungkinan, pemerintah mengambil opsi mencari dana pinjaman secara bilateral atau multilateral untuk menjaga defisit anggaran tersebut.
"Enggak juga (tambah utang melalui penerbitan obligasi). Artinya nambah utang pasti, tapi enggak ke market, dari (pinjaman) multilateral dan bilateral. Belanja itu natural 90 sampai 95 persen enggak mungkin 100 persen," ujar Bambang di Jakarta, Selasa (7/5/2015).
Menurut Bambang, Indonesia saat ini sudah memiliki fasilitas pinjaman siaga (standby loan). Namun, ia tak menjelaskan syarat untuk mengambil opsi pinjaman tersebut.
"Standby loan kan sudah ada, tergantung kebutuhan. Namanya juga standby," kata dia.
Sebelumnya, Bambang Brodjonegoro menyampaikan, per 27 April 2015 defisit anggaran tercatat hanya sebesar Rp 77 triliun. “Penerimaan Rp 370 triliun, belanja Rp 440-an triliun, sehingga posisi defisit anggaran Rp 77 triliun. Defisit ini sudah turun,” kata Bambang, di kantornya, Jakarta, Selasa (28/4/2015).
Bambang menjelaskan, turunnya defisit anggaran disebabkan meskipun belanja tetap tumbuh, tapi di sisi lain penerimaan negara juga bergerak naik.
Kata yang sulit:
Defisit                : -- defisit Ek akun buku besar untuk suatu kekurangan kerugian atau akun laba ditahan dengang suatu saldo debet;
Bilateral              :-- bilateral asas hubungan kekerabatan melalui garis kerabat pria dan garis kerabat wanita;
          Multilateral        : multilateral perjanjian yg diadakan antara banyak negara

5.      Cari artikel ilmiah dalam bidang perbankan. Baca abstraknya dan identifikasi abstrak tersebut ke dalam syarat penyusunan sebuah abstrak.
Jawab:
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA BANK BCA (PERSERO) TBK DAN BANK CIMB NIAGA (PERSERO) TBK
Oleh:
Steven Meliangan
Parengkuan Tommy
Peggy A. Mekel

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen
Universitas Sam Ratulangi Manado


ABSTRAK

Perkembangan perbankan di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat sampai saat ini. Persaingan antar bank semakin meningkat sehingga ditandai dengan banyaknya tumbuh bank-bank lain seperti bank swasta dan bank asing. Kinerja yang baik dari suatu bank dapat menjadi suatu tolak ukur dalam berkembangnya bank tersebut untuk itu dibutuhkan perencanaan keuangan dan manajemen yang baik agar bank tersebut dapat berkembang dan bisa bertahan dalam ketatnya dunia persaingan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara Bank BCA dan Bank CIMB Niaga dilihat dengan menggunakan metode CAMEL. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis Deskriptif komparatif dimana untuk mencapai hasil digunakan metode Independent Sample T-Test. Sampel penelitian di ambil dari Bank BCA dan Bank CIMB Niaga. Hasil penelitian menunjukkan  terdapat perbedaan kinerja keuangan dari Bank BCA dan Bank CIMB Niaga. Manajemen Bank CIMB Niaga sebaiknya lebih meningkatkan kinerjanya agar bisa lebih maju dan lebih berkembang lagi dan manajemen Bank BCA dapat lebih meningkatkan NPMnya.
Kata kunci: kinerja keuangan, rasio CAMEL
·         Mengidentifikasi Abstrak :
Pembuatan abstrak dalam artikel ilmiah harus memenuhi syarat penyusunan. Di dalam artikel ilmiah yang saya baca telah memenuhi syarat diantaranya penggunaan kata dalam artikel tersebut tidak lebih dari 250 kata yaitu 157 kata, menggunakan kata kunci, mencakup yang terdapat pada elemen atau unsur abstrak, jenis abstrak tersebut yaitu abstrak informatif, dan isi dari abstrak tersebut bersifat jelas, singkat, lengkap, dan logis.
·         Elemen/Unsur Abstrak :
a.       Judul :
Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Antara Bank BCA (Persero) Tbk dan Bank Cimb Niaga (Persero) Tbk

b.    Nama asli penulis laporan :
Steven Meliangan, Parengkuan Tommy, dan Peggy A Mekel

c.       Gambaran umum mengenai penelitian dan tujuannya :
Perkembangan perbankan di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat sampai saat ini. Persaingan antar bank semakin meningkat sehingga ditandai dengan banyaknya tumbuh bank-bank lain seperti bank swasta dan bank asing. Kinerja yang baik dari suatu bank dapat menjadi suatu tolak ukur dalam berkembangnya bank tersebut untuk itu dibutuhkan perencanaan keuangan dan manajemen yang baik agar bank tersebut dapat berkembang dan bisa bertahan dalam ketatnya dunia persaingan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara Bank BCA dan Bank CIMB Niaga dilihat dengan menggunakan metode CAMEL.

d.      Metodologi penelitian yang dipakai :
Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis Deskriptif komparatif dimana untuk mencapai hasil digunakan metode Independent Sample T-Test. Sampel penelitian di ambil dari Bank BCA dan Bank CIMB Niaga.

e.       Kesimpulan :
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kinerja keuangan dari Bank BCA dan Bank CIMB Niaga. Manajemen Bank CIMB Niaga sebaiknyalebih meningkatkan kinerjanya agar bisa lebih maju dan lebih berkembang lagi dan manajemen Bank BCA dapat lebih meningkatkan NPMnya.
Sumber:
1.  Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo. Werdiningsih, Dyah. 1998.
2.  Eduka, Master.2014. Bank & Strategi Tes Potensi Akademik Pasca Sarjana (S2&S3): Genta smart publisher
   Eduka, Master. 2013. Tryout dan Predikisi Tes Kompetensi Dasar CPNS: Genta Group Production
3.  www.kompas.com
4.  http://download.portalgaruda.org/article.php%3Farticle%3D172400%26val%3D1025%26title%3DANALISIS%2520PERBANDINGAN%2520KINERJA%2520KEUANGAN%2520ANTARA%2520BANK%2520BCA%2520

Kamis, 02 April 2015

TUGAS 2 Bahasa Indonesia

PROMOSI PENJUALAN

            Promosi merupakan salah satu variabel komponen yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix). Promosi merupakan faktor yang sangat penting menginformasikan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Promosi merupakan salah suatu kegiatan yang mendorong untuk menciptakan permintaan dari konsumen. Promosi yang baik akan meningkatkan permintaan produk yang dibuat oleh produsen atau perusahaan.
            Promosi yang dilakukan dapat melalui media iklan, promosi penjualan pribadi bisa melalui dari mulut ke mulut (word of mouth), dan dapat dilakukan melalui media cetak maupun elektronik, personal selling yang dilakukan oleh sales perusahaan dan alat promosi lainnya. Dengan dilakukannya promosi menciptakan konsumen yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli suatu produk atau jasa kemudian menjadi tertarik atau mencoba membeli sehingga konsumen melakukan pembelian karena melalui alat promosi yang komunikatif dan informatif.
            Didalam promosi terdapat masalah yang sangat penting yaitu bagaimana cara berkomunikasi yang komunikatif dan informatif kepada konsumen agar konsumen tertarik kepada produk yang ditawarkan akan tetapi menyangkut biaya besar yang dilakukan perusahaan dalam promosi harus sesuai dengan kondisi dan kemampuan perusahaan tersebut. Tujuan promosi yaitu untuk meningkatkan permintaan penjualan barang dan jasa dan meningkatkan laba atau keuntungan.
            Promosi penjualan merupakan suatu bentuk promosi terhadap produk yang ditawarkan atau dipasarkan oleh produsen kepada konsumen dengan cara komunikasi dalam berbagai bentuk. Salah satu cara promosi penjualan yaitu dengan mengadakan event sendiri bertujuan untuk mengingkatkan volume produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan promosi akan lebih efektif.
            Promosi penjualan harus melakukan kreasi terhadap produk sendiri yaitu dengan memberikan informasi yang bermanfaat atas keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen secara detail, dan didalam promosi disarankan perusahaan harus memiliki sikap jujur kepada pembeli atau konsumen.

DAFTAR PUSTAKA
http://azizristouvani.blogspot.com/2013/11/pengertian-promosi-penjualan.html

TUGAS 1 Bahasa Indonesia

  1.   Jelaskan definisi karya akademik dan berikan contohnya?
Jawab:
definisi karya ilmiah adalah karangan ilmu yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar, karya ilmiah harus ditulis secara jujur dan akurat berdasarkan kebenarannya jujur dan fakta.
  •    Contoh:
Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan di sekitar kita yang sampai saat ini telah menjadi tugas besar bagi masyarakat di indonesia yaitu pembuangan limbah sampah plastik dan perabotan rumah tangga. Plastik menjadi sampah yang sulit dikelola, lebih dari 75.000 manusia yang telah membuang sampah sembarangan dan akhirnya berdampak banjir dan menjadi penyakit yang berbahaya bagi manusia.

Sumber: Dasar Penulisn Karya Ilmiah (Ed.4)  Oleh Zaenal Arifin

2.  Jelaskan perbedaan karya akademik dan non akademik. Berikan contoh masing-masing yang membedakan kedua bentuk karya diatas?

Jawab:

Karya akademik adalah  menyajikan fakta yang obyektif secara sistemastis, pernyataannya cermat, tepat, tulus dan benar, serta tidak memuat terkaan, dan penulisannya tidak mengejar keuntungan pribadi.

  •    Contoh:

Sebagian panas sinar matahari yang dipantulkan akan diserap oleh gas-gas yang menyelimuti bumi disebut gas rumah kaca sehingga panas sinar tersebut terperangkap di atmosfer bumi. Peristiwa ini dikenal dengan Efek Rumah Kaca karena peristiwanya dimulai dari gedung-gedung/ rumah yang berkaca, maka panas yang masuk akan terperangkap di dalamnya, tidak dapat menembus ke luar kaca, sehingga dapat menghangatkan seisi rumah kaca tersebut maka dari itu kalangan masyarakat untuk bisa bertindak lanjut untuk hal tersebut.

sumber: Haryanto A.G Hartono Ruslijanto Datu Mulyono. “Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah”.

Karya Non akademik adalah karangan yang menyajikan fakta umum maupun pribadi, namun disajikan tidak dengan metoda yang baik dan benar.
      • Contoh:
Kuliah akhirnya selesai, saatnya untuk Bram tancap gas motor dan segara pulang. Namun saat motor bram lewat depan gerbang kampus bram melihan seorang wanita cantik memakai jilbab merah. Lalu keesokan harinya bram melihat wanita jilbab merah itu lagi sedang duduk di taman samping parkiran motor, dan bram akhirnya membarinakan diri untuk berkenalan dengan wanita jilbab merah itu.

sumber: Haryanto A.G Hartono Ruslijanto Datu Mulyono. Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah”.

3. Setiap penulis karya akademik perlu berefleksi tentang pembacanya, yaitu:
a.       Siapa yang membaca karyanya?
b.      Bagaimana cara mengekspresikan gagasannya?
c.       seberapa banyak teks yang perlu ditulis?
Jawab:
A.    Para penulis atau mahasiswa dan lain-lain yang sedang membuat penulisan ilmiah atau penelitain untuk mencara refensi.
B.     Cara mengekspresikan gagasan adalah dengan cara membuat abstrak pada karya akademik, karna abstrak merupakan sebuah ringkasan ini karya akademik, melalui abstrak para pembaca dapat memahami apa yang ditulis dalam karya akademik tersebut.
C.     Teks yang harus ditulis harus jelas, sesuai dengan data yang didapatkannya dan penulisannya harus baik.



Jumat, 14 November 2014

Analisis Artikel Konsumsi, Konsumen, Konsumtif, dan Konsumerisme dalam Perilaku Konsumen






Analisis : 



Konsumsi adalah suatu aktifitas memakai atau menggunakan suatu produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh para produsen. Kegiatan konsumsi merupakan tindakan pemuasan atas berbagai jenis tuntutan kebutuhan manusia. Individu yang melakukan kegiatan konsumsi disebut juga konsumen. Konsumen adalah setiap ora ng pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup dan tidak untuk diperdagangkan. Konsumen mempunyai dua wujud yaitu Personal Consumer dan Organizational Cunsumer. Konsumtif adalah sebagai pemakaian atau pengonsumsian barang-barang yang sifatnya karena tuntunan gengsi semata dan bukan menurut tuntutan kebutuhan yang dipentingkan. Budaya konsumtivitisme menimbulkan shopilimia, dalam psikologi ini dikenal sebagai compulsive buying disorder (penyakit kecanduan belanja). Konsumerisme adalah paham atau ideologi yang menjadi seseorang melakukan proses konsumsi barang-barang hasil produksi secara berlebihan secara sadar dan berkelanjutan. Konsumerisme merupakan gerakan konsumen (consumer movement) yang mempertanyakan kembali dampak-dampak aktivitas pasar bagi konsumen.
 



Referensi : 

Kamis, 09 Oktober 2014

PERILAKU KONSUMEN



PERILAKU KONSUMEN

A.      Definisi Perilaku Konsumen

Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginan target market. Bidang ilmu perilaku konsumen mempelajari bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, memakai serta memanfaatkan jasa, barang, gagasan atau pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan dan hasrat mereka (Kotler: 2001, 182).
            Jhon C Mower dan Michael Minor (Mowen dan Minor: 2002, 6) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumen berbagai produk, jasa, pengalaman serta ide-ide.
            Sedangkan menurut Lamb, Hair, dan McDaniel (Lamb et al: 2001,188) menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan membeli, juga untuk menggunakan dan mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, termasuk faktor-faktor yang memenuhi keputusan pembelian dan penggunaan produk.
            Menurut Engel, Blackwell, Miniard perilaku konsumen adalalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengonsumsi, menghabiskan, produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
            perilaku konsumen dapat didasari dari semua definisi di atas sebagai suatu studi tentang proses pengambilan keputusan oleh konsumen dapat memilih, membeli, memakai serta memanfaatkan produk, jasa, gagasan dan pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan dan hasrat mereka.

B.      Model Perilaku Konsumen

Titik tolak memahami perilaku konsumen adalah model rangsangan-tanggapan seperti yang diperlihatkan pada tampilan dimana rangsangan pemasaran dan lingkungan mulai memasuki kesadaran pembeli. Karakteristik pembeli dan proses pengambilan keputusan menimbulkan keputusan pembelian tertebtu. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran pembeli mulai dari adanya rangsangan dari luar hingga munculnya pembelian keputusan.

C.      Teori Perilaku Konsumen

pada dasarnya ada dua model atau pendekatan dalam teori yang mau menjelaskan perilaku konsumen, yaitu yang dikenal dengan nama Marginal Utility dan Indiferensi. Dua-duanya pada dasarnya mencoba menjelaskan hukum permintaan dengan cara menelusuri apa yang ada di balik kurvapermintaan itu (yang tidak/belum dijelaskan dengan income-effect dan substitution effect).

            Teori UTILITY berpangkal dari “hasil” yang diperoleh konsumen bila ia membelanjakan uangnya untuk membeli barang dan jasa, yaitu terpenuhi kebutuhan karena utility atau manfaat barang yang dikonsumsikan. menurut konsumsi ini, seorang konsumen yang bertindak secara rasional akan membagi-bagikan pengeluarannya atas bermacam ragam barang sedemikian rupa sehingga tambahan kepuasan yang diperoleh per rupiah yang dibelanjakan itu sebesar mungkin.

            Teori INDIFERENSI merupakan penyempurnaan dari teori utility, tetapi mendekati pokok persoalan yang sama dengan cara yang sedikit berbeda. Menurut teori ini seorang konsumen akan membagi-bagi pengeluarannya atas berbagai macam barang sedemikian rupasehingga ia mencapai taraf pemenuhan kebutuhan yang terbaik( maksimal atau optimal) yang mungkin dicapainya sesuai dengan penghasilan yang tersedia dan harga-harga yang berlaku. situasi yang paling cocok (equilibrium) tercapai kalau penilaian subyektif konsumen terhadap barang itu sesuai dengan harga objektif yang berlaku.

D.     Tipe-tipe Perilaku Konsumen

Pengambilan keputusan konsumen berbeda menurut jenis keputusan pembelian. Assael membedakan empat tipe perilaku pembelian konsumen pada tingkat keterlibatan pembeli dan tingkat perbedaan diantara merek.
            Keterlibatan tinggi ditandai oleh berlangsungnya semua proses pengambilan keputusan. Sedangkan keterlibatan rendah adalah apabila di antara tahap dalam proses tersebut, dalam proses pengambilan keputusan ada yang terlewatkan. selain itu keterlibatan tinggi juga ditandai oleh upaya mencari informasi yang intensif. Keterlibatan rendah cenderung kurang mencari informasi.

·         Perilaku Membeli yang Rumit (Complex Buying Behavarior)
Perilaku membeli yang rumit membutuhkan keterlibatan yang tinggi dalam pembelian. Perilaku membeli ini terjadi pada waktu membeli produk-produk yang mahal,tidak sering dibeli, berisiko dan dapat mencerminkan diri pembelinya seperti mobil, pakaian, teleisi dan lain-lain.

·         Perilaku Membeli untuk Mengurangi Ketidakcocokan (Dissonance Reducing Buying Behavarior)
Perilaku yang tinggi mempunyai keterlibatakn yang tinggi dan konsumen menyadari hanya sedikit perbedaan antara berbagai merek. Perilaku membeli ini terjadi untuk pembelian prodk itu mahal, beresiko dan membeli secara relatif cepat karena perbedaan merek todak terlihat. Konsumen akan memperlihatkan informasi yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

·         Perilaku Membeli Berdasarkan Kebiasaan (Habitual Buying Behavior)
Konsumen membeli suatu produk berdasarkan kebiasaan bukan berdasarkan kesetiaan terhadap merek. Konsumen memilih produk secara berulang bukan karena merek produk, tetapi memilih produk secara berulang bukan karena merek produk, tetapi karena mereka sudah mengenal produk tsb.
Pemasar dapat membuat keterlibatan antara produk dan konsumennya, misalnya dengan menciptakan produk yang melibatkan situasi atau emosi personal melalui iklan. misalnya dengan memberikan tambahan vitamin pada minumannya.

·         Perilaku Pembeli yang Mencari Keragaman
Perilaku ini memiliki keterlibatan yang rendah, namun masih terdapat perbedaan merek yang jelas. konsumen berperilaku dengan tujuan mencari keragaman dan bukan kepuasan. jadi merek dalam perilaku ini bukan merupakan suatu yang mutlak. sebagai market leader, pemasar dapat melakukan strategi seperti menjaga agar jangan sampai kehabisan stok atau dengan promosi-promosi yang dapat mengingatkan konsumen akan produknya. sekali kehabisan stok, konsumen akan beralih ke merek lain. Sedangkan pesaing akan menawarkan barang dengan harga yang lebih rendah, kupon, sampel dan iklan yang mengajak konsumen untuk mencoba sesuatu yang baru.
            perilaku demikian biasanya terjadi pada produk-produk yang sering dibeli, harga murah dan konsumen sering mencoba merek-merek baru.

Referensi:
-          Freddy Rangkuti, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama Kompas Gramedia Building.
-          Bilson Simamora,  diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Anggota IKAPI, Jakarta 2001
-          PENERBIT KANISIUS (Anggota IKAPI)