Jumat, 14 November 2014

Analisis Artikel Konsumsi, Konsumen, Konsumtif, dan Konsumerisme dalam Perilaku Konsumen






Analisis : 



Konsumsi adalah suatu aktifitas memakai atau menggunakan suatu produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh para produsen. Kegiatan konsumsi merupakan tindakan pemuasan atas berbagai jenis tuntutan kebutuhan manusia. Individu yang melakukan kegiatan konsumsi disebut juga konsumen. Konsumen adalah setiap ora ng pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup dan tidak untuk diperdagangkan. Konsumen mempunyai dua wujud yaitu Personal Consumer dan Organizational Cunsumer. Konsumtif adalah sebagai pemakaian atau pengonsumsian barang-barang yang sifatnya karena tuntunan gengsi semata dan bukan menurut tuntutan kebutuhan yang dipentingkan. Budaya konsumtivitisme menimbulkan shopilimia, dalam psikologi ini dikenal sebagai compulsive buying disorder (penyakit kecanduan belanja). Konsumerisme adalah paham atau ideologi yang menjadi seseorang melakukan proses konsumsi barang-barang hasil produksi secara berlebihan secara sadar dan berkelanjutan. Konsumerisme merupakan gerakan konsumen (consumer movement) yang mempertanyakan kembali dampak-dampak aktivitas pasar bagi konsumen.
 



Referensi :